Pelatihan (SID) Sistem informasi desa.

Saat ini 18 desa di kecamatan Batangan telah memiliki website desa resmi dengan domain “desa.id” yang telah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia. Pemanfaatan website desa memberikan harapan baru untuk pengarusutamaan isu dan kepentingan desa. Desa bisa menyebarluaskan informasi semua kegiatan Desa, pelaksanaan pembangunan, sumber daya dan pengetahuan untuk menunjang kegiatan informasi publik desa. Desa bisa memberitakan hal-hal yang selama ini tak muncul dalam media-media utama. Melalui pemanfaatan teknologi dan keterbukaan informasi, peluang bagi desa untuk promosi produk unggulan serta tata kelola sumber daya desa.

Sesuai amanat pasal 86 UU no. 6 tahun 2014 tentang Desa, Desa berhak mendapatkan akses informasi melalui Sistem Informasi Desa. Maksud dan tujuan Pengembangan Sistem Informasi Desa adalah untuk :

  1. Meningkatkan kualitas perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan desa dan kawasan perdesaan.
  2. Mengefektifkan pelaksanaan kebijakan, program dan kegiatan pembangunan desa dan kawasan perdesaan yang dilakukan oleh pemerintah daerah.
  3. Meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dan pihak yang berkepentingan.
  4. Mengukur dan memberikan penilaian secara obyektif terhadap kemajuan dan pencapaian strategi pembangunan di desa dan kawasan perdesaan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa.
  5. Sebagai media dalam memperoleh, mengelola dan menyajikan data serta informasi desa dan kawasan perdesaan.

 

TUJUAN PELATIHAN

Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan operator desa dalam pengelolaan website desa dan aplikasi Sideka bagi pemerintah desa sehingga desa mampu mengaplikasikannya dalam pelaksanaan kegitan di Pemerintah Desa serta mendorong promosi/pemasaran potensi dan produk unggulan desa.

 

Kegiatan ini difasilitasi oleh:

  1. Kasi Pengembangan Desa Dispermasdes Pati, Ibu Siti Mahmudah.
  2. TAPP P3MD Kabupaten Pati, A. Zainal Mutaqin.
  3. Desa Pilot Project SID Provinsi Jawa Tengah, Mas Rofik Kaur keuangan Desa Karangmulyo Tambakromo, Pak Yusro Sekdes Desa Kajen Margoyoso.
  4. PD P3MD Kecamatan Batangan, M. Agus Prijadi.

 

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 27 dan 28 November 2018. Kegiatan hari pertama dilaksanakan di Aula Desa Gunungsari dan hari kedua di Balai Desa Bumimulyo Kecamatan Batangan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan