PEMBINAAN PERLINDUNGAN TANGKAPAN AIR UNTUK KP-SPAMS KABUPATEN PATI

Kedalon, Dalam rangka penguatan  kelembagaaan KP-SPAMS hari ini Senin 24 Agustus 2020 Dispermades Kabupaten Pati bertempat di aula Dispermades melakukan Pembinaan terhadap Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air dan Sanitasi ( KP-SPAMS ) yang ada di 16 Desa dari 189 paska di Kabupaten Pati, dengan nara sumber dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pati, DC Pamsimas Kabupaten Pati dan dari Asosiasi KP-SPAMS Tirta Alam Semesta Kabupaten Pati, Pembinaan ini dilakukan secara bertahap dengan menerapkan protokol kesehatan karena adanya wabah virus corona atau covid 19.

Pembinaan ini difokuskan kepada kelembagaan  KP-SPAMS karena ini merupakan hal yang paling mendasar dalam sebuah pengelolaan air untuk penduduk masyarakat, salah satunya menjaga perlindungan tangkapan air dengan cara penanaman pohon untuk menjaga keberlangsungan debit air.

Dalam sambutannya Kepala Dispermades Kabupaten Pati Bapak Drs. Sudiyono. MM, KP-SPAMS dikelola  dengan benar akan memberikan kepercayaan kepada masyarakat desa terhadap ketersediaan air layak konsumsi, KP-SPAMS sebagai kepanjangan desa dalam penyediaan air bersih akan menyadarkan masyarakat untuk berkontribusi terhadap  keberlangsungan KP -SPAMS dalam mengelola penyediaan air bersih dan perawatan jaringan perpipaan sehingga bisa mandiri menghidupi KP-SPAMS itu sendiri, ungkapnya.

Selain memberikan Pembinaan tersebut Dispermades juga membagikan pohon beringin ke desa untuk ditanam sebagai langkah  terhadap perlindungan tangakapan air di desa – desa Pamsimas.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan