PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI ( BLT ) DD DESA KEDALON

kedalon-batangan.desa.id – Penyaluran BLT DD Desa Kedalon Kecamatan Batangan Kabupaten Pati Tahap Pertama Bulan Januari 2021 telah dilaksanakan di Aula Balai Desa Kedalon pada hari Selasa (27/4 / 2021). Pemerintah Desa Kedalon melalui Bank BPD Jateng cabang Pati yang di bantu Perangkat Desa, Babinsa dan Bhabinkhamtibmas Desa Kedalon menyalurkan sebanyak 135 BLT kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari empat Dukuh se-Desa Kedalon Jumlah tersebut sesuai dengan hasil pendataan KPM yang diperoleh dari muasyawarah di tingkat Pedukuhan untuk kemudian ditetapkan di tingkat Desa melalui Musyawarah Kalurahan Khusus (Muskalsus).

Adapaun penentuan penerima BLT didasarkan pada keluarga yang belum pernah menerima bantuan dari Pemerintah baik melalui PKH, BPNT, KJS, BST maupun program bansos lain. Kriteria tersebut ditetapkan agar memudahkan pendataan calon KPM agar tidak menerima bantuan ganda yang bersumber dari anggaran Pemerintah, sehingga dapat terjadi pemerataan penyaluran bantuan.

Penyaluran BLT dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti mempersiapkan tempat duduk berjarak agar tidak terjadi kerumunan, melakukan pengecekan suhu sebelum memasuki aula balai kalurahan, mencuci tangan, serta mengenakan masker. Sebanyak 2 loket disediakan untuk melayani 135 KPM Penerima BLT DD yang dimulai pukul 10.45 WIB  Pukul 13.00 WIB sebagaimana jadwal yang sudah disampaikan sebelumnya kepada calon penerima.

Sebagai syarat penggambilan BLT, penerima diharuskan membawa KTP dan KK asli dan foto copy untuk mengecek warga yang datang adalah benar-benar KPM yang sudah ditentukan. Masing-masing KPM menerima bantuan sejumlah Rp. 300.000,- yang bersumber dari Dana Desa. Hal tersebut sesuai dengan instruksi PMK-222 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun 2021 yang didalamnya memuat bahwa BLT DD harus dilaksanakan selama 12 bulan.

Pemerintah Desa Kedalon berharap dengan adanya BLT DD ini dapat memberikan sedikit dukungan kepada warga dalam menjalani hidup ditengah Pandemi Covid-19.

Turut hadir pula dalam pelaksanaan penyaluran BLT kali ini perwakilan dari Muspika Kecamatan Batangan yang diwakili oleh oleh Kasie Sosial Kecamatan Batangan ibu Sri Utami SH. dalam rangka melakukan monitoring pelaksanaan penyaluran BLT DD Tahap Pertama Tahun  2021. ( Tim SID Desa Kedalon )

Penerima BLT DD Desa Kedalon

 

Babinsa memberikan rasa aman kepada KPM

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan