Aktif Berikan Kebermanfaatan, KKN-IK IAIN Kudus Membantu Kegiatan Posyandu

Kedalon, 17 September 2021. KKN-IK IAIN Kudus melakukan kegiatan pendampingan posyandu (pos pelayanan terpadu) di Dukuh Tulis, Desa Kedalon, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati.

Posyandu merupakan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh, dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Jadi, posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat dibidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa. Tujuan posyandu yaitu menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB), menambah asupan gizi dan vitamin yang diperlukan oleh balita, memberikan penyuluhan tentang asupan gizi serta cara pemberian ASI yang baik serta meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB. Beberapa kegiatan utama pada posyandu adalah KIA, KB, Imunisasi, gizi, dan penanggulangan diare.

Kegiatan posyandu ini diawali dengan penimbangan balita, mengukur tinggi badan, kemudian menyerahkan buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) yang mana didalam buku ini berisi catatan kesehatan ibu (hamil, bersalin dan nifas) dan anak (bayi baru lahir sampai anak usia 5 tahun) serta berbagai informasi cara memelihara dan merawat kesehatan ibu dan anak. Kemudian diberi PMT (Pemberian Makanan Tambahan) makanan yang diberikan meliputi bubur kacang hijau dan juga biskuit balita.

 

 

Novia Arum Widyawati mahasiswa Pemikiran Politik Islam (PPI) Semester 7
Ulfatun Nafi’ah mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Semester 7
Eprila Harmi Sukmawanti mahasiswa Akutansi Syariah (AS) Semester 7
Aulia Miftahul Jannah mahasiswa Tadris IPS (T.IPS) Semester 7
Hidayatul khasanah mahasiswa Hukum Keluarga Islam (HKI) Semester 7

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan