KKN-IK IAIN Kudus : Membudayakan Hidup Sehat Melalui Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS)

Kedalon, 16 September 2021. KKN-IK IAIN Kudus mengikuti kegiatan sosialisasi gerakan masyarakat sehat di Balaidesa Kedalon, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati. Kegiatan Sosialisasi GERMAS  (Gerakan Masyarakat Sehat) oleh Tim Kesehatan Puskesmas Batangan.

GERMAS (Gerakan Masyarakat sehat) merupakan suatu tindakan sistematis atau urut dan terencana yang harus dilakukan secara bersama-sama oleh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Tujuan dari GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat ) sendiri yaitu untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Diadakannya sosialisasi GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat ) di desa kedalon bertujuan  agar masyarakat kedalon sadar akan perilaku hidup sehat. Dimasa pandemi saat ini, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan dan imun tubuh kita agar terhindar dari penularan Virus Covid-19.

Dalam kegiatan sosialisasi GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat ) di Desa Kedalon Tim kesehatan Puskesmas Batangan mengambil tema mengenai “Germas Keseimbangan Gizi”. Menjaga keseimbangan gizi dalam tubuh sangat diperlukan apalagi dimasa pandemi saat ini. “Ada beberapa langkah untuk memulai kebiasaan masyarakat hidup sehat yaitu dengan melakukan aktivitas fisik, anjuran mengonsumsi sayur dan buah-buahan, dilarang untuk merokok, tidak mengonsumsi alkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh secara rutin (minimal 3 bulan sekali), membersihkan lingkungan sekitar dan menggunakan jamban.” (Ujar Tim Kesehatan Puskesmas Batangan )

Kegiatan sosialisasi GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat ) dihadiri oleh kepala desa, sekertaris desa, dan anggota perangkat desa lainnya beserta Mahasiswa KKN IAIN Kudus 2021 Desa Kedalon. Kegiatan sosialisasi ini hanya dihadiri oleh para perangkat desa karena untuk mengurangi kerumunan banyak orang. Pelaksanaan sosialisasi GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat ) sesuai dengan Protokol Kesehatan. Adanya sosialisasi GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat ) ini, Tim Kesehatan Puskesmas Batangan berharap agar para perangkat menyampaikan hasil sosialisasi GERMAS untuk seluruh masyarakat Desa Kedalon. Dengan tujuan agar masyarakat Desa Kedalon termotivasi, untuk memulai kebiasaan berperilaku hidup sehat. Adanya kebiasaan berperilaku hidup sehat bagi masyarakat, sehingga akan tercipta  masyarakat dan lingkungan yang sehat pula.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan