DAPUR SEHAT ATASI STUNTING DI DESA KEDALON

  • Oct 12, 2022
  • KEDALON-BATANGAN

kedalon-batangan.desa.id - Pencegahan stunting di Indonesia kini memiliki titik terang dengan diluncurkannya Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Balai Desa Kedalon Kecamatan Batangan Kabupaten Pati, Selasa 11 Oktober 2022 diadakan Dapur Sehat Atasi Stunting ( DASHAT ). 

“Jumlah angka stunting di Desa Kedalon masih termasuk tinggi, untuk mengatasi BKKBN mengadakan Dapur Sehat Aatasi Stunting ( DASHAT ) sebagai salah satu bentuk upaya mencegah stunting lewat kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko stunting seperti calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, baduta/balita terutama dari keluarga kurang mampu. 

Caranya? Melalui pemanfaatan sumber daya lokal (termasuk bahan pangan lokal) yang dipadukan dengan sumber daya atau kontribusi mitra lainnya. 

DASHAT diharapkan bisa memenuhi kebutuhan gizi anak stunting, ibu hamil, ibu menyusui, dan keluarga risiko stunting. Selain itu, diharapkan dengan adanya pengetahuan dan ketrampilan penyiapan pangan, kita mampu memberikan pangan sehat dan bergizi menggunakan sumber daya lokal. 

Terakhir, DASHAT bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga lewat keterlibatannya dalam kelompok usaha keluarga atau masyarakat yang berkelanjutan. 

“Penyebab masalah stunting adalah kondisi kesehatan dan asupan nutisi yang tidak optimal. Harapannya, dengan adanya DASHAT tiap ibu hamil, ibu yang hendak hamil dan ibu menyusui lebih diperhatikan asupan nutrisinya sehingga lahir generasi penerus yang optimal, sehat dan berkualitas,” jelas Sri Lestari selaku nara sumber dari Puskesmas Batangan. ( Tim SID Desa Kedalon )