GUNAKAN DANA DESA PEMDES KEDALON LAKSANAKAN NORMALISASI SALURAN PERTANIAN

  • Sep 29, 2022
  • KEDALON-BATANGAN

kedalon-batangan.desa.id - ( 29 September 2022 Untuk mencegah pendangkalan akibat saluran air yang tidak terawat, Pemerintah Desa Kedalon, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah melaksanakan normalisasi dan perawatan saluran yang meliputi Dusun Kedalon. Dusun Tulis dan Dusun Gadel Saluran sepanjang kurang lebih 3700 meter tersebut berada di perbatasan antara Desa Gunungsari sampai dengan Desa Batursari.

Dengan kondisi saluran yang cukup panjang dan sudah lama tidak terawat, butuh banyak tenaga kerja dan memakan waktu cukup lama, sehingga untuk efisiensi aggaran maka pelaksanakan normalisasi menggunakan alat berat. apalagi di sepanjang saluran banyak ditumbuhi pohon bambu, sehingga beberapa titik saluran sudah tertutup pohon bambu, dalam pelaksanaan normalisasi saluran pemerintah desa menggunakan anggaran dana desa (DD).

Anggaran tersebut merupakan bagian dari penyerapan DD tahap kedua. Dan penetapan nurmalisasi ini sesuai hasil musyawarah penetapan prioritas penggunaan dana desa tahun 2022.

Nurmalisasi saluran air untuk pertanian sendiri merupakan salah satu prioritas penggunaan dana desa tahun 2022. dilaksanakan untuk mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Kedalon. ( Tim SID Desa Kedalon )