MUSDES PENETAPAN APBDES TAHUN 2023 DESA KEDALON

  • Dec 27, 2022
  • KEDALON-BATANGAN

kedalon-batangan.desa.id - ( Senin 26 Desember 2022 ) Pemerintah Desa Kedalon Kecamatan Batangan Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah Bersama Badan Pemusyawaratan Desa ( BPD ) melaksanakan Musyawarah Desa ( MUSDES ) penetapan Anggaran Pendapatan dan belanja Desa ( APBdes ) tahun anggaran 2023.

Kegiatan berlangsung di aula kantor Desa Kedalon hadir dalam acara tersebut hadir Camat Batangan, Kepala Desa Kedalon, Polsek Batangan, Koramil Batangan, Kasie PMD Kecamatan Batangan, PD Kecamatan Batangan, Perangkat Desa,  BPD, Bhabinkhamtibmas, Babinsa, Ketua RW, Ketua RT, Bidan Desa serta Tokoh masyarakat lainya, setelah melalui tahapan proses penjabaran kegiatan berjalan baik dan disetujui pihak BPD serta Unsur peserta musyawarah yang hadir.

Dalam sambutannya Kepala Desa Kedalon, Hartatik, A.Md  mengatakan” pada hari ini setelah memulai tahapan musyawarah desa perencanaan yang telah kita laksanakan sebelum penetapan APBdes untuk Anggaran Tahun 2023 Perencanaan pembangunan desa untuk tahun 2023 ini terjadi pengurangan anggaran Dana Desa (DD) dari Pemerintah.

Perlu kami sampaikan untuk Anggaran Tahun 2022 jumlah DD yang kami terima yaitu Rp. 1333.425.000, terjadi pengurangan anggaran sekitar Rp.523.342.000, atau sekitar 40%  sementara untuk tahun anggaran 2023 anggaran yang kita terima berjumlah Rp. 810.083.000, sedangkan untuk pagu ADD tahun 2023 anggaran yang diterima oleh Desa sejumlah Rp. 479.190.000, hal ini tentu berdampak terhadap perencanaan kegiatan untuk tahun 2023 sehingga ada kegiatan yang belum tereliasasi sesuai dengan harapan kita Bersama.

Dikatakan lagi “ Prioritas penggunaan Dana Desa Tahun anggaran 2023 sudah diatur dalam Permendes Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas  Penggunaan DD yang telah diatur persentase penggunaannya yaitu : untuk kegiatan BLT DD minimal 10 % maksimal 25 % untuk Ketahanan Pangan, Pendirian, Pengembangan, Peningkatan, Penyertaan, Usaha BUMDES/ BUMDESMA dan untuk kegiatan lainya. Diterbitkannya aturan dari pusat ini semoga bisa memberikan dampak yang baik bagi perekonomian warga desa kita” Ungkapnya.

Dilokasi yang sama Camat Batangan Sujono, SH,MM. Juga menambahkan Alhamadulillah hari ini APBdes tahun anggaran 2023 Desa Kedalon sudah bisa ditetapkan, kami berharap Musdes dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada  yang perlu diperdebatkan karena seperti yang sudah direncanakan tidak bisa terealisasikan sepenuhnya”  Tegasnya.

Disampaikan juga berkaitan dengan pengurangan anggaran hal ini terjadi diseluruh desa diwilayah Indonesia, oleh karena itu kami berharap agar memaksimalkan anggaran yag ada. “  jelasnya.

Kegiatan selanjutnya penanda tanganan beritan acara penetapan oleh ketua BPD, Kepala Desa dan Perwakilan unsur masyarakat lainya. ( Tim SID Desa Kedalon )