PUSKESMAS BATANGAN LAKSANAKAN CEK KESEHATAN

  • Oct 28, 2022
  • KEDALON-BATANGAN

kedalon-batangan.desa.id – Puskesmas Batangan Kabupaten  melaksanakan Sosialisasi SIPGAR dan pengukuran Kebugaran Jasmani bagi ASN dan Pegawai Pemerintahan di ruang lingkup Pemerintah Kecamatan Batangan, Juma'at (28/10/2022) bertempat dihalaman Balai Desa Kedalon.

Kepala Puskesmas Batangan, Ita Nurhayati, SKM., saat dihubungi menjelaskan SIPGAR merupakan aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu menggunakan metoda Rockport.

Rockport adalah salah satu metode pengukuran kebugaran jasmani dengan menghitung waktu tempuh seseorang saat menempuh lintasan 1500 meter.
“Rockport merupakan pengukuran Kebugaran Jantung paru yang merupakan salah satu komponen terbesar yang mempengaruhi kebugaran seseorang” ungkap

Bugar adalah status kesehatan jasmani yang bisa diperoleh seseorang baik sakit maupun sehat. Dengan kondisi bugar seseorang bisa menjadi lebih produktif.

Dengan pelaksanaan kegiatan ini,  berharap Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota dapat melaksanakannya secara rutin sehingga akan didapat status kebugaran seseorang.
“Harapannya dapat dilaksanakan secara berkala, karena status kebugaran seseorang akan berpengaruh pada produktifitas kerja” pungkasnya.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya aktifitas fisik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Pada kesempatan ini juga disosialisasikan tentang cara mengukur kebugaran tubuh secara mandiri dengan aplikasi SIPGAR yang dapat diunduh di playstore.