GAMBARAN UMUM DESA

Batas Wilayah Desa

Letak Batas Batas-batas
Sebelah Utara Desa Batur Sari
Sebelah Selatan Desa Gunung Sari
Sebelah Barat Desa Jembangan
Sebelah Timur Desa Gajah Kumpul

Luas Wilayah

Luas Wilayah Desa Kedalon adalah 368.605 KM. (Bersumber dari data desa kedalon terbaru)

Pembagian Wilayah Desa

Desa Kedalon memiliki 4 Rukun Warga (RW)

  • RW I adalah Dukuh Gadel
  • RW II adalah Dukuh Tulis dan Dukuh Nganguk
  • RW III adalah Dukuh Klumpit
  • RW IV adalah Dukuh Kedalon

Keadaan tanah, Luas penggunaan tanah, dan Keadaan Air

Dukuhan Kedalon termasuk Dukuh yang setiap tahun selalu kekurangan air di bandingkan dengan Dukuhan lain karena sumber airnya yang asin beda dengan dukuhan lainnya. Wilayah Desa Kedalon yang tergolong ‘tadah hujan’ ini boleh dibilang sangat kekurangan air. Tetapi dengan adanya saluran PDAM dari Kabupaten Pati sebagian dapat menikmati air minum bersih. Tapi PDAM tersebut hanya mencapai dukuh nggadel, dan dukuh lain belum ada PDAM. Sedangkan sumber air tanah yang ada sebagian besar payau dan sebagian kecil airnya sangat asin seperti air tambak garam.

Kondisi Demografis

Dari keadaan demografisnya, menurut data statistik jumlah penduduk terakhir, penduduk desa kedalon berjumlah 4.891 jiwa dan 1.714 KK dengan luas wilayah 368.605 km2. Jika ditinjau dari jenis kelaminya komposisi penduduk untuk laki – laki adalah 2477 jiwa sedangkan untuk perempuan adalah 2.414 jiwa.

Jika dikomposisikan dalam kelompok umur maka menunjukan bahwa kelompok umur (0-15 tahun) sebanyak 868 jiwa, kelompok umur usia (15-65 tahun) sebanyak 3441 jiwa, kelompok umur usia ( 65 tahun keatas) sebanyak 582 jiwa.

Komposisi penduduk ditinjau dari agama yang dianut mayoritas penduduknya beragama islam dengan persentasi 99 % dari jumlah penduduk keseluruhan dan sisanya sebanyak 1 % non islam.

Kondisi Sosial Budaya dan Ekonomi

Dalam aspek sosial, Desa Kedalon dibagi dalam 4 rukun warga yaitu RW I adalah dukuh Gadel, RW II adalah dukuh Tulis dan nganguk, RW III adalah dukuh Klumpit, RW IV adalah dukuh Kedalon. Pada prinsipnya  hubungan sosial yang berlangsung di Desa Kedalon adalah terjalinya  keterikatan ikatan emosional antar sesama warga masyarakat tanpa melihat berbagai perbedaan antara mereka, baik perbedaan menurut agama, usia dan jenis kelamin.

Desa Kedalon merupakan desa dengan kondisi masyarakat yang heterogen, dimana masyarakat desa Kedalon terdiri atas beberapa pemeluk agama yaitu islam 99 % dan non islam 1 %. Fasilitas pendidikan di Desa Kedalon sangat memadai yaitu terdapat 6 TK/PAUD, 3 SD, 4 TPQ, 1 SLTP.

Kehidupan masyarakat Desa Kedalon selalu dipenuhi dengan rasa kebersamaan antar warga masyarakat. Sikap saling menghormati antar warga yang satu dengan warga yang lain masih sangat terlihat di Desa Kedalon ini, serta sikap keramahtamahan warga yang senantiasa mereka tunjukkan kepada setiap warga ataupun warga lainya yang datang dan berkunjung ke Desa Kedalon.

Masyarakat Desa Kedalon senantiasa masih mengikuti adat istiadat mereka secara turun temurun. Meskipun sudah ada beberapa warga yang meninggalkannya tapi tetap sejalan pada ajaran agama islam yang  benar.

Adat istiadat yang kental dan masih sering dilakukan oleh masyarakat Desa Kedalon adalah bersih desa yang disebut dengan “ Sedakah Bumi “ diadakan secara rutin setiap tahunnya.

Dalam aspek ekonomi, Desa Kedalon memiliki potensi baik dari sumber daya alamnya yaitu pertanian, seperti padi disawah dan palawija, peternakan seperti ayam kampung, sapi, kambing. Sebagian besar mata pencaharian penduduk Desa Kedalon adalah petani, tetapi sebagai petani hanya akan mendapat hasil ketika panen datang, maka dari itu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Ibu ibu rumah tangga warga Desa Kedalon memiliki pekerjaan sampingan seperti ikut kupas rajungan, kupas kerang, membuat keripik singkong, membuat kerupuk pertolo dll , maka dari itu dengan pekerjaan sampingan tersebut mereka akan mendapatkan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari.