GIAT PEMERINTAH DESA KEDALON MENYAMBUT HUT KE 78 KEMERDEKAAN REBUPLIK INDONESIA TAHUN 2023

  • Aug 02, 2023
  • KEDALON-BATANGAN

kedalon-batangan.desa.id - Merespon datangnya bulan Agustus 2023 yang merupakan bulan bersejarah bagi bangsa Indonesia ternyata disikapi oleh Pemerintah Desa Kecamatan Batangan Kabupaten Pati dengan penuh rasa antusias dan semangat revolusioner. Sejak hari Minggu 30 Juli 2023 sampai 1 Agustus 2023 Kepala Desa Kedalon bersama Perangkat Desa dan Warga Desa Kedalon sudah berlomba-lomba membersihkan lingkungan sendiri dan memasang umbul umbul serta asesoris yang lain dalam mengayubagya memperingati HUT ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023.

"Bahkan Senin 1 Agustus 2023, sehabis subuh warga secara serentak mulai memasang bendera merah putih di depan rumah masing-masing," kata Ibu Hartatik, A.Md Kepala Desa Kedalon Senin (1/8/2023). Gerakan pemasangan bendera merah putih oleh warga dilakukan secara sistemik, masif dan struktural.

Pemasangan tersebut adalah imbauan melalui Surat Edaran Pj Bupati Pati Melalui Camat Batangan perihal partisipasi menyemarakkan Peringatan HUT ke 78 Kemerdekaan RI tahun 2023 di Kabupaten Pati. Berdasarkan surat tersebut dalam rangka memperingati HUT RI meminta kepada segenap elemen masyarakat untuk melakukan beberapa hal. Yaitu, mengibarkan bendera merah putih satu tiang penuh mulai 1 Agustus  hingga 31 Agustus 2023. Memasang spanduk/baliho, umbul-umbul, dekorasi dan asesoris lainnya yang penempatannya tidak mengganggu estetika dan kepentingan umum. Menjaga kebersihan dan keindahan dilingkungan masing-masing.

Namun secara pribadi Ibu Kepala Desa menyatakan pemasangan dan pengibaran bendara merah putih merupakan tanggung jawab moral dan sebagai warga negara yang baik tentu harus mematuhi untuk memberikan apresiasi dan penghormatan kita kepada para pahlawan yang sudah memperjuangkan terwujudnya Indonesia merdeka. Serta sebagai wujud rasa bangga untuk bela negara. Apalagi kita tidak pernah ikut berjuang mengusir penjajah dengan resiko rela berkorban harta, tenaga dan nyawa. "Sementara kita hanya diimbau untuk memasang bendera kok merasa keberatan itu termasuk orang yang kurang bersyukur," tuturnya.

Sehingga dengan semangat yang pernah digelorakan Bung Karno, yaitu rawe-rawe rantas malang-malang putung warga perumnas selalu diingatkan jangan lupa memasang bendera merah putih sebagai bendera kebanggaan kita.

Disamping itu dengan mengibarkan bendera merah putih tersebut juga dapat mengingatkan kembali perjuangan perjuangan dalam meraih kemerdekan oleh para pejuang pendahulu kita yang tanpa pamrih pribadi. Sekaligus juga dapat meningkatkan rasa  kecintaan pada tanah air Negara Kesatuan Republik Indonesia. ( Tim SID Desa Kedalon )