KKN-IK IAIN Kudus Melakukan Kunjungan UMKM : Penggerak Roda Perekonomian Dari Sentra Pengolahan Rajungan

  • Sep 22, 2021
  • kedalon

Kedalon, 12 September 2021. KKN-IK IAIN Kudus melakukan kunjungan UMKM di salah satu sentra pengolahan rajungan. Potensi desa Kedalon sangatlah banyak dan beragam, salah satunya yaitu dari sentra pengolahan rajungan.

Rajungan (blue swimming Crabs) merupakan biota laut yang bernilai gizi tinggi, merupakan komoditas ekspor dengan nilai jual yang mahal dan semua bagiannya dapat dimanfaatkan. Hasil dari kupas rajungan selanjutnya dikirimkan ke supplier untuk diolah dijadikan makanan kemasan/kalengan. Semua bagian dari rajungan dapat dimanfaatkan baik dari cangkang atau telurnya. Untuk cangkang  bisa untuk pakan ikan dan untuk telurnya bisa diolah jadi kerupuk rajungan.

Dengan adanya usaha pengolahan rajungan dapat mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan penghasilan terutama bagi ibu rumah tangga yang ikut kerja serta dapat meningkatkan perekonomian desa.     Novia Arum Widyawati mahasiswa Pemikiran Politik Islam (PPI) Semester 7 Ulfatun Nafi’ah mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Semester 7 Eprila Harmi Sukmawanti mahasiswa Akutansi Syariah (AS) Semester 7 Aulia Miftahul Jannah mahasiswa Tadris IPS (T.IPS) Semester 7 Hidayatul khasanah mahasiswa Hukum Keluarga Islam (HKI) Semester 7