PERMUDAH AKTIVITAS PETANI PEMDES KEDALON LAKSANAKAN PENGERASAN JALAN USAHA TANI

  • May 24, 2021
  • kedalon

kedalon-batangan.desa.id – (21/05/2021)Pemerintah Desa Kedalon, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, melakukan pengerasan jalan usaha tani (JUT) di Dukuh Gadel sepanjang 1 kilometer dengan lebar 2,5 meter dengan menggunakan anggaran Dana Desa ( DD ). Hal itu agar warga yang berprofesi petani tidak kesulitan beraktivitas di sawah.

P.j Kepala Desa Kedalon Samirah SE. mengatakan, pengerasan jalan usaha tani merupakan salah satu program pemerintah desa. Program itu digulirkan berdasarkan hasil musyawarah dengan masyarakat.

Keberadaan jalan pertanian sangat di butuhkan masyarakat Kedalon. Karena mayoritas penduduk adalah petani.

“Kami akan terus melakukan perbaikan-perbaikan infrastruktur pertanian. Bukan hanya pengerasan jalan saja,” ujarnya.

Pihaknya akan melanjutkan pembangunan ke bidang lain. Sehingga potensi Desa Kedalon bisa tergali optimal.

“Kita terus benahi sarana dan prasarana yang ada, baik itu menunjang bidang pertanian atau yang lainnya,” ujarnya.

Tokoh masyarakat Dukuh Gadel Parno, selaku Ketua RW 01 sangat mengapresiasi kinerja pemerintah desa yang memperhatikan infrastruktur pertanian. Terutama jalan usaha tani yang dilakukan pengerasan.

“Memang pembangunan ini sangat tepat, karena pengerasan jalan ini dibutuhkan warga desa,” tuturnya.

Selama ini, masyarakat mengeluhkan jalan usaha tani yang becek saat hujan dan tidak nyaman dilintasi. Dengan pengerasan yang dilakukan pemerintah desa, Parno yakin aktivitas pertanian akan lebih baik.

“Upaya ini sangat bermanfaat bagi para petani. Petani tidak akan lagi mengeluh kesulitan mengangkut hasil pertanian, karena akses jalannya sudah jauh lebih baik,” ungkapnya. ( Tim SID Desa Kedalon )

[caption id="attachment_2398" align="aligncenter" width="700"] Pengerasan Jalan Usaha Tani Dukuh Gadel[/caption]   [caption id="attachment_2399" align="aligncenter" width="698"] Pekerja laksanakan kegiatan[/caption]