SOSIALISASI PERILAKU HIDUP SEHAT PROGRAM SANITASI PERDESAAN

  • May 27, 2021
  • kedalon

kedalon-batangan.desa.id - ( 26/05/2021 ) Sosialisasi Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya Tunai 2021 Desa Kedalon Kecamatan Batangan Kabupaten Pati yang dilaksanakan KSM Berkah Lestari Kedalon didampingi Fasilitator Pemberdayaan dan Tim Teknik Program Sanitasi Perdesaan bertempat di Aula Balai Desa Kedalon, dan acara sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Desa Kedalon, Perangkat Desa, Babinsa, Bhabinkhamtibmas, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat Desa Kedalon, acara tetap menerapkan Protokol Kesehatan karena masih dalam kondisi pandemi covid 19.

Tujuan diadakannya Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya ini ialah

  1. Menyediakan prasarana dan sarana yang berkualitas,berkelanjutan dan berwawasan lingkungan sesuai dengan kebutuhan untuk meingkatkan kualitas sumber daya air dan lingkungan.
  2. Meningkatkan Pemahaman tentang sanitasi dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi Masyarakat.
  3. Menciptakan Lapangan kerja Sementara yang dapat memberikan tambahan pendapatan bagi warga desa

Sasaran Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya ini merujuk pada

  1. Desa yang memiliki angka gizi buruk ( STUNTING ) tinggi.
  2. Desa yang memiliki angka BABS tinggi.
  3. Desa yang mayoritas penduduknya MBR ( Masyarakat Berpenghasilan Rendah)
  4. Termasuk Desa tertinggal dan Desa Berkembang.

Kriteria yang diutamakan dari program Penerima Manfaat Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya, Keluarga yang termasuk dalam Masyarakat Berpenghasilan Rendah dan:

  1. Memiliki Ibu Hamil
  2. Memiliki Bayi dibawah 3 Tahun (Balita)
  3. Memiliki anak Stunting
  4. Memiliki Keluarga berkebutuhan khusus (DISABILITAS)
  5. Masih melakukan BABS dan tidak memiliki akses sanitasi.

Untuk Desa Kedalon Sendiri rencananya Memiliki 48 KPM yang layak menerima Program Bantuan SANDES ini, yang mudah mudahan segera terealisasikan dan dapat dimanfaatkan oleh keluarga penerima program ini. ( Tim SID Desa Kedalon )

[caption id="attachment_2411" align="alignnone" width="667"] Penyampaian materi sosilaisasi oleh Fasilitator Sanitasi Perdesaan[/caption]   [caption id="attachment_2412" align="alignnone" width="664"] Peserta Sosialisasi Sanitasi Perdesaan[/caption]