VAKSINASI PMK UNTUK SAPI DI DESA KEDALON

  • Oct 14, 2022
  • KEDALON-BATANGAN

kedalon-batangan.desa.id - Program vaksinasi penyakit kulit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Pati sudah dimulai sejak adanya pandemi PMK, hari ini Jum'at 14 Oktober 2022 Desa Kedalon Kecamatan Batangan Kabupaten Pati mendapatkan giliran penyuntikan vaksinasi dari Dispertannak Kabupaten Pati di bantu PPL Binaan setempat BPP Kecamatan Batangan dan personil dari Kelompok Tani yang lokasinya berada di Dukuh Kedalon wilayah kerja Kelompok Tani Rukun Tani 1.

Dalam keteranganya Dokter Hewan Hewan Riyanto, "Sapi yang menjadi sasaran vaksinasi, di antaranya sapi yang sehat tidak dalam kondisi sakit atau yang sudah sembuh dari PMK, kemudian sapi yang masa hidupnya masih panjang, bukan sapi yang akan dipotong. Dan usia sapi yang sudah bisa divaksin, yaitu minimal umur dua minggu.

Kepala Desa Kedalon Hartatik, A.Md menuturkan, kedatangan vaksin PMK memberikan harapan untuk dapat menekan penyebaran penyakit tersebut. Penularan PMK sangat masif, sehingga dengan penyuntikan vaksin di desa yang masih nol kasus, diharapkan dapat memotong penyebarannya.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa beserta Perangkat Desa terjun ke lapangan langsung ikut untuk memetakan kondisi sapi-sapi yang ada di masyarakat, agar masyarakat mendapatkan informasi yang jelas dan sebanyak-banyaknya terkait PMK, serta vaksinasinya.( Tim SID Desa Kedalon )